Kamis, 02 Maret 2017

Merawat Cinta Pada Pernikahan

*Rekap Kajian HA Ummi G6*
📅selasa, 28.02.2017
⏲10.00- selesai
👳🏻‍♀bunda Malik
📝merawat cinta pada pernikahan

*_Materi_*
Kiat Merawat Cinta Kasih Suami Istri Dalam Hubungan Pernikahan

Sepasang suami istri yang baru menikah seringkali terlihat begitu mesra dan begitu romantis. Hanya saja, seiring berjalannya waktu, masing-masing pasangan mulai disibukkan dengan kegiatannya sehari-hari. Jarang sekali dilihat berduaan dan memberikan kemesraan satu dengan yang lainnya.

Merawat cinta kasih antara pasangan suami istri dibutuhkan sebuah pengorbanan dan kesabaran yang lebih besar dibandingkan sewaktu menanam dan menumbuhkannya. Cinta bisa tumbuh ketika melihat paras seseorang yang menarik, cinta bisa tumbuh sebab melihat kepribadian yang mengesankan, cinta bisa tumbuh sewaktu pada pandangan pertama dan cinta juga bisa tumbuh sewaktu melihat ada kesamaan pandangan dan tujuan hidup. Itulah cinta. Kedatangannya bisa saja tidak terduga dan bisa datang dengan begitu cepat.

Hanya saja, ketika cinta tersebut diwujudkan dalam sebuah ikatan pernikahan, hingga terwujudlah sepasang suami dan istri, apakah perwujudan dari merawat cinta bisa dengan mudah terjalin tanpa ada kerja sama atau usaha dari masing-masing pihaknya?

Seringkali kita mendengar atau melihat secara langsung pasangan suami istri yang tadinya terlihat begitu mesra dan sejalan ketika melakukan hal apa saja, bahkan mereka senantiasa terlihat begitu harmonis. Namun pada akhirnya berakhir di meja pengadilan untuk mengajukan perceraian? Mungkin benar jika sebagain dari kita mengatakan bahwa hal tersebut terjadi karena telah menjadi sebuah takdir dan ketentuan yang Allah berikan pada pasangan tersebut.

Namun, ketentuan manakah? Apakah ketentuan yang mutlak yang tidak bisa dirubah? Ataukah ketentuan Allah yang masih bisa kita upayakan? Nah, dalam kasus ini termasuk pada konteks hubungan dalam suami istri. Tali kasih dan cinta dalam sebuah hubungan pada umumnya ditentukan oleh masing-masing individu antara suami dan istri. Dengan demikian, diperlukan upaya dan usaha dari suami dan istri untuk bisa mengupayakan agar pernikahannya bisa tetap awet dan cinta kasihnya bisa terjaga.

Nah, berikut ini ada beberapa kiat yang bisa dilakukan saat cinta dan kasih dalam hubungan suami istri bisa tetap terawat dan terjaga sehingga bisa menghasilkan keharmonisan dalam rumah tangga.

Kiat Merawat Cinta Kasih Suami Istri Dalam Hubungan Pernikahan

1. Perlihatkan Rasa Empati

Ketika pasangan anda merasakan cemas atau panik akan satu hal. Maka perlu sekali menunjukan rasa empati da peduli terhadap pasangan. Jangan sampai mereka menganggap kita sudah tidak peduli dan berakhir dengan berbagai pemikiran negatif yang akan mereka pikirkan. Cobalah untuk memahami situasi serta harapan yang ingin dicapainya. Dengan adanya rasa pengertian akan dapat meringanakn beban dari pasangan. Hal ini penting sekali dilakukan bagi setiap pasangan yang sering dihantui dengan rasa cemas atau ketakutan yang muncul dalam hubungan berumah tangga. Pengertian dan perhatian yang diberikan dari pasangan adalah obat paling ampuh untuk menciptakan sebuah hubungan yang romantis dan harmonis.

class="eliadunit">

2. Biasakan Untuk Saling Kecup dan Sapa Sewaktu Berangkat dan Pulang Bekerja

Sebuah pelukan dan perhatian adalah hal yang akan membuat pasangan senang dan merasa begitu dicintai. Ungkapan cinta ini bisa terus anda tumbuhkan dan anda jaga dengan membiasakan memberikan pelukan, kecupan da sapaan sewaktu pasangan anda hendak pergi bekerja dan sepulang bekerja. Untuk itu, sempatkan waktu 3 sampai 5 menit untuk menghampiri sambil merapihkan baju yang dikenakan dan berikan semangat dan doa untuk pasangan anda yang hendak bekerja. Dengan demikian, masing-masing pasangan akan terus teringat dan terngiang akan cinta yang anda berikan.

3. Sering Duduk Berdampingan

Seiring dengan usia pernikahan yang sudah berjalan begitu lama. Kedekatan yang intens mungkin sudah jarang sekali dilakukan. Namun untuk merawat cinta kasih dalam hubungan pernikahan, tidak ada salahnya jika anda kembali mengenang masa-masa romantis dulu dengan duduk berudaan dalam sebuah sofa sambil mengobrol atau menonton televisi berdua hanya untuk sekedar mengenang kebersamaan seperti yang dilakukan dulu.

4. Katakan Selalu "Aku Mencintaimu"

Sebagai pasangan yang saling mencintai, uangkapan "Aku mencintaimu", mungkin tidak menjadi suatu hal yang asing. Hanya saja, dalam hubungan pernikahan, dua kata yang begitu bermakna besar ini menjadi jarang diungkapkan dengan alasan hubungan mereka sudah tidak lagi seperti anak remaja. Namun demikian, sebenarnya hal ini perlu sekali diungkapkan bahkan harus sering diucapkan oleh masing-masing pasangan guna mempererat cinta dan kasih antara satu pasangan. Namun selain diungkapkan, hal ini juga perlu ditunjukan dalam sikap dan perbuatan dengan selalu memperlakukan pasangan dengan begitu baik.

5. Tataplah Matanya

Sewaktu anda berbincang atau mengobrol bersama dengan pasangan, biasakan untuk selalu menatap matanya, hal ini bisa dijadikan sebagai pertanda yang menegaskan betapa anda benar-benar mencintainya. Dengan tatapan penuh cinta, pasangan anada akan mengerti meskipun anda tak mengucapkan kata-kata. Tatapan akan dapat menyiratkan perasaan seseorang betapa pentingnya arti pasangan hidupnya dalam hidup orang tersebut.

6. Berikan Perhatian

Seorang lawan jenis tentu menyenangi diberikan hadiah atau kejutan oleh pasangannya. Hal ini tentu saja selain membuat mereka bahagia dan gembira, pasangan akan merasa begitu dihargai sehingga ikatan cinta antara keduanya menjadi semakin besar dan semakin menggebu. Untuk itu, meskipun usia pernikahan sudah tidak muda lagi, tidak ada salahnya jika anda memberikan kejutan atau hadiah bagi pasangan anda. Sebuah hadiah yang diberikan tidak melulu harus berupa barang-barang mewah dengan harga yang fantastis. Luangkan waktu untuk makan malam berdua yang romantis dengan menu yang disukai oleh pasangan dan dalam momen yang begitu intim.

Jika anda malu atau merasa canggung karena adanya anak-anak, maka anda bisa menyempatkan waktu untuk menikmati makan malam berua di luar. Sebuah hadiah sederhana namun dihadirkan dalam momen yang tepat. Tentu akan membuat pasangan seolah teringat kembali masa-masa manis sewaktu baru menikah Hal ini tentunya baik untuk membangkitkan kembali romantika asmara seperti sebagaimana anda masih berpacaran dulu. Dengan demikian, tidak ada salahnya menyempatkan satu kali dalam satu bulan atau ketika anda memiliki waktu luang agar bisa bersama-sama dengan pasangan.

Itulah dia beberapa kita dan cara sederhana untuk mempertahankan ikatan cinta dan sayang dalam sebuah hubungan rumah tangga agar hubungan yang harmonis dan romantis bisa terjalin. Semoga kiat dan tips kali ini bisa membantu anda para pasangan yang sudah menikah dan ingin kembali membangkitkan asmara cinta agar keharmonisan tetap selalu terjalin.

wallahu alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar