Kamis, 02 Maret 2017

Kesehatan Rambut

πŸ‘©πŸ»‍⚕πŸ₯πŸ‘©πŸ»‍⚕πŸ₯πŸ‘©πŸ»‍⚕πŸ₯πŸ‘©πŸ»‍⚕πŸ₯πŸ‘©πŸ»‍⚕πŸ₯

*Kajian Online Hamba Allah Ummi G-7*

➖➖➖➖➖➖➖➖➖

πŸ—“ *Tgl/ Hari : Senin 27 Februari 2017*
πŸ“‹ *Materi : Kesehatan*
πŸ‘±πŸΌ‍♀ *Narasumber : Ustadzah Tri Setyorini*
πŸ•° *Waktu kajian : 8.00 - Selesai*
➖➖➖➖➖➖➖➖➖

▶ Di harapkan keaktifan ummahat disaat kajian berlangsung
▶ Tidak memposting apapun saat kajian berlangsung

▶Tetap Istiqomah Wa Hamazaa

πŸ‘©πŸ»‍⚕πŸ₯πŸ‘©πŸ»‍⚕πŸ₯πŸ‘©πŸ»‍⚕πŸ₯πŸ‘©πŸ»‍⚕πŸ₯πŸ‘©πŸ»‍⚕πŸ₯

⛅☀⛅☀⛅☀⛅☀⛅☀⛅☀⛅

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatuh

Bismillahirahmaanirrohiim..

Tema hari ini ttg perawatan rambut😊

Rambut bagi wanita adalah mahkota, tapi ternyata selain itu byk fungsinya, Yaitu:

✅Isolasi
Fungsi utama dari rambut manusia adalah untuk melindungi tubuh manusia. Rambut melakukan hal ini dalam dua cara: ia berfungsi sebagai penghalang fisik antara udara dingin eksternal dan kulit, dan juga sebagai perangkap udara hangat di antara kulit dan rambut, menjaga tubuh lebih hangat.

✅Perlindungan dari Faktor Eksternal
Rambut melindungi kulit dari faktor eksternal, seperti kerusakan akibat sinar matahari dan kulit pecah-pecah dari kerusakan angin. Hal ini juga menghalangi debu dan kotoran dari menetap pada kulit.

✅Penyangga gesekan

Rambut berfungsi sebagai penyangga terhadap gesekan.
 . Hal ini juga menyerap keringat untuk penguapan lebih mudah sehingga keringat tidak menempel di tubuh selama aktivitas fisik, yang dapat menyebabkan pecah-pecah dan terik.

✅Diferensiasi dan Keindahan
Rambut secara luas digunakan dalam semua mamalia untuk diferensiasi dan kecantikan.
Singa jantan memiliki surai, rusa memiliki bintik dekoratif dan banyak burung telah memiliki warna untuk membedakan jantan dari betina.
 Manusia memiliki rambut untuk tujuan yang sama, yaitu mengapa laki-laki tumbuh rambut wajah dan wanita tidak. Rambut juga dianggap menambah keindahan, itulah sebabnya mengapa wanita sering memiliki gaya rambut yang rumit dan mengapa laki-laki berusaha keras untuk melawan kebotakan.

✅Pengalihan Keringat dan Air
Rambut juga menyerap keringat dari kulit sehingga tidak akan menyebabkan iritasi akibat gesekan dan juga pengalihan keringat sehingga bagian-bagian tertentu dari tubuh dapat lebih cepat kering dan tetap dilindungi. Misa alis mengarahkan keringat dari dahi menjauh dari bola mata
Masalah yang dialami oleh kita2 yg kesehariannya berhijab ialah rambut lepek, rambut bau dan bahkan rambut bisa menjadi mudah rontok. akan tetapi jika rajin merawat rambut secara teratur maka rambut  tidak akan mengalami masalah rambut walau  sedang berhijab.
Berikut bbrp tips utk merawat rambut utk yg berhijab:
1. Pilih bahan jilbab atau hijab yang dapat menyerap keringat
Memakai jilbab ataupun hijab untuk menutup aurat kerapkali membuat rambut cepat lepek atau mudah berkeringat. Keringat yang berlebih inilah yang justru bisa mengakibatkan timbulnya permasalahan pada rambut, seperti berketombe, mudah rontok, lembab, bau apek, dan lain sebagainya. Oleh karena itu,  harus pintar-pintar memilih jilbab dengan bahan yang mudah untuk menyerap keringat seperti katun ataupun kaos.

2. Hindari memakai hijab dalam keadaan rambut basah
Penyebab masalah rambut ketika berhijab adalah kebiasaan memakai hijab ketika rambut masih basah. Rambut dalam keadaan basah saat memakai hijab akan memicu kerontokkan rambut lebih parah, ketombe, gatal-gatal dan juga bau apek. Oleh karena itu, sebaiknya keringkan rambut terlebih dahulu sebelum memakai jilbab. Jika dalam keadaan terburu-buru dan tidak cukup waktu untuk mengeringkan rambut secara alami bisa memakai hairdryer untuk mengeringkannya dengan cepat.

3. Hindari mengikat rambut terlalu kuat dan kencang
Tips merawat rambut bagi wanita berjilbab berikutnya adalah dengan tidak mengikat rambut terlalu kencang. Hal ini untuk menghindari permasalahan rambut yang mudah patah atau bercabang.

4. Pilih jilbab berwarna soft
Sebaiknya pilih jilbab yang memiliki warna-warna soft untuk memberikan efek yang sejuk hingga kulit kepala.

5. Keramas dengan teratur
juga harus tetap menjaga kesehatan dan kebersihan kulit kepala serta rambut dengan keramas secara teratur. Pilihlah shampo yang tepat dilengkapi dengan vitamin serta masker rambut.  bisa berkeramas secara rutin setiap 2 hari sekali atau 3 kali dalam seminggu.

6. Selalu merapikan rambut sebelum maupun sesudah berjilbab
Untuk merawat rambut berjilbab, sebaiknya selalu merapikannya dengan menggunakan sisir yang bergigi jarang terbuat dari bahan plastik agar kerontokan pada rambut bisa diminimalisir.

7. Istirahatkan rambut
Ketika di rumah, bisa melepaskan jilbab  dan mulai memanjakan rambut untuk memberikannya waktu beristirahat. Biarkan rambut tanpa ikatan saat di dalam rumah, agar rambut bisa bernafas, menjadi lebih segar, dan juga lebih sehat. Cara ini juga lebih efektif untuk meminimalisir kelembaban di kulit kepala yang bisa memicu ketombe ataupun kerontokan pada rambut.

8. Konsumsi makanan yang bernutrisi
Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut, juga harus merawat rambut dari dalam dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk menutrisi rambut . Adapun nutrisi penting yang harus dikonsumsi adalah makanan yang mengandung vitamin B-6, vitamin B-12, vitamin C, vitamin E dan juga protein. Kandungan tersebut ada dalam sayuran hijau, buah-buahan dan juga kacang-kacangan.

9. Gunakan bahan alami
juga bisa merawat rambut yang berjilbab dengan cara menggunakan bahan-bahan alami, seperti masker rambut yang terbuat dari lidah buaya, dan lain sebagainya untuk perawatan dari luar.

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

       *TANYA JAWAB*


1⃣πŸ™‹Assalamualaikum bunda, mau tanya, dl zaman kuliah rambut saya tebal dan panjang, perwatan sebetulnya g istimewa juga biasa2x aja, nah sejak hamil anak pertama rambut saya rontok..tp g banyak  .itu 16 thn lalu  skrg rontok nya parah..saya berhijab blm lama baru 2 thnan, tambah parah saat ini, kenap ya? Apa ada faktor hormon dr kehamilan yg memicu kerontokan? Perawatan skrg sebulan2 x kreambath  mhn penjelasannya bunπŸ™πŸ»

✍🏻
 Rambut rontok pasca melahirkan (Postpartum Hair Loss) adalah normal dan hanya terjadi sementara saja . Setelah 6-12 bulan setelah melahirkan, rambut pun akan kembali normal.

Kerontokan terjadi akibat meningkatnya hormon estrogen yang terjadi selama kehamilan. Hormon estrogen memperpanjang fase pertumbuhan rambut, sehingga rambut terasa lebih tebal ketika hamil. Setelah persalinan, hormon kembali normal dan fase pertumbuhan rambut akan kembali lagi, ditandai dengan terjadinya kerontokan.
Semua orang pasti pernah mengalami rambut rontok. Merupakan suatu hal yang normal untuk kehilangan 100 helai rambut per harinya. Tetapi jika berlebihan, terkadang ada alasan medis
Pada wanita pola kerontokan rambut wanita biasanya hanya menipis pada bagian atas kepala. Kerontokan pada wanita umumnya terkait dengan perubahan hormon seperti pada masa menopause, masa kehamilan dan penggunaan kontrasepsi hormonal.

Selain perubahan hormon, kerontokan rambut juga bisa terjadi akibat kondisi-kondisi tertentu. Di antaranya:

✅Pengaruh gizi.
Asupan gizi yang buruk juga berpengaruh karena dapat menyebabkan helai rambut yang tumbuh menjadilebih tipis dan rapuh.

✅Rambut yang terlalu sering menjalani proses kimia di salon juga lebih rentan mengalami kerontokan.

✅ Sering mewarnai rambut dan meluruskannya secara permanen membuat batang rambut menjadi lebih rentan patah.

✅Alopesia areata. Jenis kerontokan ini menyebabkan pitak dan umumnya terjadi pada remaja dan kalangan dewasa muda. Tetapi sebagian besar rambut penderitanya akan kembali tumbuh setelah satu tahun.Beberapa hal yang diduga sebagai penyebabnya adalah faktor genetika dan gangguan pada sistem kekebalan tubuh.

✅Efek samping obat-obatan. Kerontokan rambut juga bisa disebabkan oleh obat-obatan yang biasa digunakan untuk menangani artritis, depresi, gangguan jantung, serta tekanan darah tinggi.

✅Tekanan psikologis, misalnya stres. Pada jenis ini, penderita akan mengalami penipisan rambut di kepala tapi tidak selalu mengalami kebotakan.

✅.Pengaruh Kemoterapi. Kerontokan rambut ini akan berdampak menyeluruh, termasuk kulit kepala, wajah, dan tubuh. Tetapi sebagian besar tidak bersifat permanen dan rambut biasanya dapat tumbuh kembali setelah beberapa bulan berhenti menjalani kemoterapi.

2⃣Assalamualaikum Bunda tri mau tanya. Klo untuk menghilangkan ketombe yang paling ampuh pake apa ya?. Mencoba pake shelsun biru tapi tetep saja masih ada. Walau cuma bintik bintik..

✍🏻
Ketombe dapat muncul akibat kulit kepala yang kering, peradangan pada kulit kepala, penumpukan sel kulit mati pada kepala, dan juga akibat adanya jamur pada kulit kepala yang dikenal dengan nama malasseiza. Jamur ini dapat memecah kelenjar minyak yang ada di kulit kepala dan menjadikannya sebagai makanan.
Kemudian, jamur malasseiza akan menghasilkan produk asam lemak yang dapat membuat kulit kepala menjadi gatal dan mudah kering sehingga membentuk ketombe.

Tips mengatasi ketombe:

✅Mencuci rambut secara teratur .
Mencuci rambut seperti biasanya, tetapi tidak mencuci rambut setiap hari karena akan menyebabkan kerusakan pada rambut. Mencuci rambut bisa membantu mengatasi ketombe karena kotoran atau sel kulit mati di kepala sebelum terlalu banyak menumpuk dan terlihat sudah di bersihkan dengan di cuci secara teratur, maka dari itu menghilangkan ketombe
 Gunakan shampo yang cocok juga atau dengan bahan alami, karena sering kali kulit sensitif memiliki ketombe karena produk yang tidak cocok di gunakan.

✅perbanyak minum air putih,
karena dengan air yg cukup akan mencegah rambut dan kulit agar tidak kering juga akan membantu untuk mengatasi ketombe juga. agar kulit kepala tidak kering

✅lindungi kepala dari panas, kulit yang kering akan menyebabkan kulit kepala cepat mengelupas dan mati. Maka dari itu lindungi kulit kepala dengan menggunakan topi dan sejenisnya agar tidak terpapar secara langsung yang akan menyebabkan kulit kepala kering menyebabkan ketombe maupun menyebabkan rambut rontok parah . kulit kepala yang lembab juga bisa disebabkan oleh suhu panas, dan menutupi rambut yang lembab akan menyebabkan jamur yang nantinya akan menjadikan ketombe.

✅Memenuhi nutrisii. Asupan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh juga termasuk untuk kulit kepala. dan memenuhi nutrisi dari makanan yang mengandung banyak vitamin dan juga nutrisi lainnya yang baik untuk kulit kepala dan juga rambut. Harus di penuhi dengan baik

✅Obat ketombe ,
 Obat ketombe bisa dari bahan bahan alami yang aman . obat ketombe bisa dari minyak pohon teh, atau pun juga bisa dengan menggunakan lidah buaya

3⃣πŸ™‹πŸ»ustadzah...apakah pemakaian warna rambut meskipun jarang bisa merusak rambut? Syukron

✍🏻
Pewarna rambut bisa menyebabkan alergi juga😊
Jadi klo menggunakan baca aturan pakainya dan jgn berlebihan.
Asal tdk sering dan pewarnanya bahan alami yg digunakan , dan dgn perawatan rambut yg tepat maka tdk berpengaruh buruk bagi rambut

4⃣Assalamualaikum..bunda say mo nanya,apakah rambut bayi yg tidΓ k di cukur sampai habis(di botakin)akan mempengaruhi pertumbuhan rambutnya ketika dewasa? Trimksh

✍🏻
Rambut bayi terbentuk sejak usia janin 8mgg. Dan rambut itu sangat tipis. Rambut bayi akan rontok dgn sendirinya dan diganti dgn rambut baru meski tdk dicukur
Memang tidak ada keharusan untuk menggunduli kepalanya sampai licin plontos. Namun dari segi kesehatan, hal ini ternyata memberi banyak manfaat.
Berikut beberapa di antaranya:

*Membersihkan lemak*

Saat melewati jalan lahir, banyak lemak dan "kotoran" rahim ibu yang menempel di sekujur tubuh bayi, termasuk di rambutnya. Dengan mencukur rambut bayi, sisa-sisa lemak tersebut diharapkan akan ikut terangkat.
 Belum lagi kotoran yang kerap menempel setelah bayi lahir, seperti gumoh di bantal yang kemudian menempel di rambutnya. Dengan dikeramas saja mungkin tidak cukup hingga tumpukan lemak dan kotoran tersebut harus dibersihkan dengan cara mencukur rambutnya.

*Biar tak mudah teriritasi*

Kepala plontos bayi akan memudahkan ibu untuk mengamati kalau-kalau ada sesuatu yang tak diharapkan, seperti iritasi, bisul, luka dan sebagainya. Cukur rambut bahkan menjadi keharusan bila sudah terjadi infeksi, misalnya ada bisul di kepalanya. Untuk mencegah terjadinya infeksi lebih lanjut dan mempermudah pengobatan, sebaiknya kepala anak dalam keadaan "bersih" dari rambut alias plontos.

*bersifat "mendinginkan"*

Bayi-bayi yang kebetulan tinggal di daerah panas atau suhu udara rata-ratanya tinggi pasti akan merasa lebih nyaman dengan kepala plontosnya. Hembusan angin yang langsung mengenai pori-porinya mampu mengurangi kegerahan.

*AKAN TUMBUH LAGI*

Banyak orangtua yang merasa sayang mencukur rambut bayinya. Apalagi kalau rambut tersebut terlihat lebat dan hitam legam. Padahal tidak seharusnya orangtua khawatir. Toh, meski dicukur habis,rambut tersebut akan tumbuh lagi. Sedangkan mengenai lebat atau tidaknya rambut saat tumbuh kembali jelas terkait erat dengan faktor genetik. Orangtua yang berambut lebat tentu saja lebih berpeluang memiliki bayi yang juga memiliki rambut lebat dibanding orangtua yang rambutnya tipis. Demikian halnya dengan rambut lurus, berombak, keriting, pirang, dan sebagainya. Tapi dgn perawatan yg baik dan asupan nutrisi yg cukup rambut bisa tumbuh dgn lebat dan bagus

5⃣Assalammualaikum bunda tri...mau tanya...apa mmg benar..rambut ber uban krn kita memakai jilbab...mohon maaf..atau krn lembab...atau krn faktor dr yg lain...mohon penjlsannya☺

✍🏻
Rambut beruban wajar klo seiring dgn faktor usia.
Bukan karena disebabkan karen hijab.
Penyebab rambut uban tumbuh terlalu cepat adalah karena faktor stres, gizi yg kurang, perawatan yg krg benar dan faktor genetika

6⃣πŸ™‹πŸ» Ustadzah utk penggunaan shampo sebaiknya berganti ganti merk atau satu merk aj ya..

✍🏻
Lbh baik 1merk saja yg sesuai dgn kondisi rambut

7⃣πŸ™‹ bunda keramas yg bagus itu apa mengunakan air hangat ato air dingin ?

✍🏻 Keramas menggunakan air dingin saat mencuci rambut akan membuat kutikula tertutup sehingga nutrisi yang diberikan kepada rambut, dari sampo atau kondisioner, akan meresap lebih baik. Penyerapan nutrisi yang baik akan membuat rambut lebih sehat dan tidak terlihat kusam.

Meski begitu pada kondisi rambut tertentu, penggunaan air hangat atau dingin secara bergantian juga diperlukan.
air hangat dan dingin dibutuhkan pada saat mencuci rambut

“Untuk rambut sangat kotor, gunakan sampo pertama kali dengan air hangat. Ini berfungsi untuk mengangkat kotoran lebih cepat. Lalu saat menggunakan sampo kedua kalinya, gunakan air dingin, begitu pun saat membilas setelah penggunaan kondisioner, agar kutikula menutup dan nutrisi rambut lebih meresap,

8⃣Ustadzah...adakah tips bgmn menahan laju tumbuhnya uban ?
Syukron ustadzah..

✍🏻
Bila rambut beruban dicabut, itu dapat merusak pori-pori rambut dan mengganggu akar saraf rambut. Ada yang percaya bahwa jika kita mencabut rambut beruban, maka uban akan tumbuh makin banyak, ini hanya mitos. Ketika ada rambut uban mulai muncul, berarti tanda bahwa ada masalah dengan produksi melanin. Jadi, ketika rambut beruban dicabut, sebenarnya sudah ada beberapa rambut beruban yang akan tumbuh.

Cara yang tepat untuk mencegah dan menangani rambut beruban adalah dengan makan makanan bergizi dan menerapkan gaya hidup sehat. Mulai berolahraga dengan teratur untuk kelancaran metabolisme tubuh. Olahraga teratur dapat menenangkan saraf dan pikiran, sehingga sangat berpengaruh dalam memperlambat timbulnya uban. Hindari gaya hidup tak sehat seperti merokok, alkohol, keluar malam, dan lain sebagainya.Pola seimbang dengan memilih makanan kaya protein, rendah lemak dan banyak mengandung buah-buahan bergizi dan mengkonsumsi nutrisi.

Rambut putih disebabkan karena produksi pigmen pewarna rambut yang disebut melanin terhambat. Pigmen tersebut diproduksi oleh sel melanosit. Melanosit memproduksi melanin tidak bisa jika tubuh kekurangan vitamin B 12. Nutrisi vitamin B 12 dapat diperoleh dari bahan makanan daging, hati, kerang, kepiting, kepiting, ikan salmon atau tuna, unggas, telur, susu dan produk susu lainnya

Berikan vitamin untuk rambut untuk mendapatkan nutrisi yang cukup, atau pemeliharaan bahan alami. Banyak ramuan herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut beruban. Di antara kandungan biji pepaya, hanya perlu mengambil sedikit biji pepaya, panggang dan ditumbuk halus dan dicampur dengan sedikit minyak kelapa. Oleskan campuran tersebut pada rambut dan kulit kepala. Biarkan selama sekitar satu jam, lalu cuci seperti biasa.

Jika uban sudah muncul, jangan terburu-buru putus asa. Munculnya rambut beruban karena produksi pigmen rambut yang disebut melanosit berkurang. Bahan makanan tertentu dapat meningkatkan produksi pigmen yang akan mencegah rambut beruban tidak muncul kembali. Bahan yang mengandung zat besi adalah yang paling penting. Besi adalah nutrisi yang merangsang produksi melanosit. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi sayuran hijau dan daging merah yang cukup untuk mendapatkan jumlah yang tepat dari zat besi. Tak ada salahnya mengkonsumsi multivitamin lengkap untuk menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh sekaligus akan melindungi tubuh terhadap penyakit.

9⃣Bertanya ustadzah, apakah benar bahwa menyusui bisa memicu rambut rontok, dulu rambut sy lebat banget walaupun berhijab tp sejak menyusui jd tipis krn rontok hebat.
Oh iya, benarkah makanan tertentu bisa memicu kerontokan rambut, singkong yg sering dibilang menyebabkan rontok..
Terimakasih

✍🏻
Ini sdh ya.. Sama dgn no 1😊

πŸ”ŸKlo uban krn genetik bisa dihambat juga kah? Sy mulai tumbuh ubah sejak SD, saat ini uban sy sdh hampir 10% πŸ™‚

✍🏻
Bisa . caranya di jawaban no 8

1⃣1⃣ Kl perawatan rambut tipis dan kering piye bunda tri??

✍🏻
✅untuk rambut tipis, pilihan yang  dimiliki adalah memotongnya sangat pendek atau membiarkannya panjang. Potongan rambut yang nanggung bukanlah pilihan yang tepat. .

Gunakan Volumizing shampoo. Seperti namanya, shampoo ini memang diformulasikan untuk memberi efek bervolume pada rambut.

❣Bersihkan
 Pastikan  keramas dengan benar. Artinya tak hanya mengaplikasikan shampoo ke rambut, tapi kamu juga harus menggosok kulit kepala dengan shampoo. Rambut tipis cenderung lebih mudah ‘menarik’ kotoran dan membuat kulit kepala lebih mudah berminyak. dan gunakan hair tonic. Ini akan membuat rambut  terlihat lebih sehat.


πŸ–€πŸ–€ KHOLASπŸ–€πŸ–€

Tidak ada komentar:

Posting Komentar