Senin, 11 Februari 2013

Nursing, in my Oppinion

Menurut NS, perawat itu simple koq
        Kalo di artiin pake arti kata atau bahasa, mungkin sulit untuk diartikan. Namun, jika kita artikan dengan perasaan, ya, perawat itu seorang yang mampu merawat. Entah merawat diri sendiri ataupun orang lain yang di dasarkan dengan rasa kasih sayang terhadap apa yang dirawatnya.

       Menurut sejarahnya pada zaman purbakala, perawat pada saat itu hanya didasarkan oleh sistem mother instinct (perasaan keibu- ibuan) aja, karena saat itu perawat ngga terlalu memerhatikan alat apa yang digunakan untuk dapat merawat anaknya dengan baik, pada saat itu perawat tujuannya bukan pada alat apa yang digunakan kepada manusia supaya manusia tetap sehat dengan alat yang digunakannya. beda dengan saat ini.

      Silang beberapa abad kemudian, muncullah Florence Nightingale yang menyempurnakan asumsi tersebut. Sebelum Nightingale muncul, profesi perawat pada saat itu betul betul bukan profesi yang baik, karena perawat pada saat itu di tunjukkan dengan sikap yang jahat, tidak baik dan di lakukan oleh para tentara atau hmm kalo bahasa kasarnya itu (mohon maaf) "jongos", yang ngga memerhatikan keadaan lingkungan orang yang sakit, kebisingan suara, keamanan dan kenyamanan dan sistem tata ruangan yang benar benr bukan ruangan yang layak untuk seorang pasien.

        Pada saat itu, banyak sekali yang membenci profesi perawat karena alasan tersebut.
Florence Nightingale, muncullah seorang gadis yang berasal dari darah bangsawan yang rela untuk menjadi seorang perawat di masa itu. Awalnya keluarga Florence melarang dan mengecam nya jika ia tetap nekat untuk menjadi seorang perawat, tetapi dia teguh pada pendiriannya. Alasan kuat Florence untuk menjadi seorang perawat yaitu karena neneknya menderita sakit keras yang butuh perawatan khusus. Nah, di situlah ia mengembangkan sistem keperawatan yang selama ini di benci oleh orang- orang. Dia mulai merubah susunan ruangan untuk pasien, sistem perawatan, pola makan, jenis makanan yang di konsumsi dan lain sebagainya, dan saat itu pula profesi keperawatan sudah mulai disukai oleh orang- orang. Ada satu julukan spesial nih buat dia, yaitu "Lady With the Lamp".

      Jika kita melihat keperawatan saat ini yang sudah sangat modern, patutlah kita berbangga hati. dan untuk kita para Nursing Assosiaton. Jangan kita lupakan jasa pahlawan kita (Florence Nightingale). Tanpa perjuangan besarnya kita ngga akan bisa menjadi seperti ini. Tugas perawat itu mulia, jadi sudah sepatutnya kita muliakan diri kita dengan profesi yang telah kita jalankan.

Kalian juga bisa loh di bilang sebagai perawat, asal perawat apa dulu nihh ?
:)

2 komentar: